Pengabdian dan Penelitian



Kampus Hijau_ Upaya peningkatan kemampuan lulusan khususnya kemampuan melakukan penelitian dirasakan masih belum cukup hanya dengan kegiatan akademik formal, seperti membekali kemampuan meneliti melalui program mata kuliah. Selain itu, mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen masih merupakan alternatif yang perlu tetap dipertahankan. Mengingat pentingnya kemampuan melakukan penelitian bagi lulusan STAI Al-Amin Dompu sebagai salah satu kompetensi lulusan yang harus dimiliki para lulusan, maka diperlukan terobosan alternatif lain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan penelitian selain kompetensi pembelajaran dan kompetensi pengabdian.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakasanakan melalui kegiatan pelatihan Penyusunan Tugas Akhir Bagi Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu adalah:

1. Memberi bekal pengetahuan pada mahasiswa tentang penyusunan proposal;

2. Meningkatkan kemampuan melakukan penelitian;

3. Kemampuan menyusun laporan hasil penelitian; dan

4. Kemampuan menjelaskan hasil penelitian

Alternatif pemecahan masalah dilakukan dengan mengadakan pelatihan Penyusunan Tugas Akhir Bagi Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu, sehingga diharapkan mahasiswa memilki pengetahuan dan keterampilan dan kreatifitas mahasiswa dalam merancang, melakukan dan menjelaskan hasil penelitian secara keseluruhan.. Peserta dilatih secara langsung melalui tuntunan mulai dari penetapan masalah penelitian sampai penyusunan rencana penelitian, untuk kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penelitian dan penjelasan hasil penelitian.

Post a Comment

أحدث أقدم